Wednesday, December 26, 2012

Perawatan Selama Kucing Hamil



Perawatan Selama Kucing Hamil

Masa kucing hamil berlangsung selama 53-67 hari. Pada masa hamil ini, calon induk membutuhkan nutrisi yang lebih dari biasanya. Disarankan bila tidak ada gangguan seperti diare, sebaiknya makanannya  diganti dengan makanan untuk kitten. Nutrisi pada makanan untuk kitten lebih baik dibandingkan dengan makanan adult yang biasa dikonsumsi kucing dewasa.

Sebaiknya tempatkan calon induk pada ruangan yang relatif luas agar tetap bisa berolahraga. Ruangan jangan bertingkat agar calon induk tidak melompat-lompat yang bisa menyebabkan keguguran. Kebersihan ruangan harus terus dijaga, tidak boleh ada kutu yang bersarang. Calon induk yang terserang jamur harus segera diobati, karena penyembuhan penyakit akibat jamur memakan waktu relatif lama sehingga pengobatan sedini mungkin diusahakan agar calon induk sudah sembuh sebelum melahirkan.

Selama hamil, kebersihan calon induk harus juga tetap terjaga. Perawatan bulu, telinga, mata, dan kuku dilakukan seperti biasa tetapi jangan dimandikan dengan air, cukup mandi kering.

No comments:

Post a Comment