Monday, May 28, 2012

PERTIMBANGAN SEBELUM MEMBELI KUCING


PERTIMBANGAN SEBELUM MEMBELI KUCING
Kehadiran kucing bisa saja akan mengubah pola hidup dan kebiasaan yang ada. Membeli kucing berarti meluangkan waktu untuk bermain, membawanya periksa ke dokter, memelihara, dan merawatnya setiap hari.
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kucing, yaitu jenis kucing, umur, dan jenis kelamin.
1. Jenis Kucing
Kebanyakan orang membeli kucing ras alasannya cukup beragam. Bentuk, warna, bulu, dan ukurannya, semuanya tergantung keinginan kita. Berbagai kucing ras yang populer saat ini, yaitu Persia, Maine coon, Siamese, American shorthair, Exotic, Abyssian, Oriental, Scottish fold, dan Burmese.
2. Umur (Kitten atau Kucing Dewasa)
Pertimbangan umur berkaitan erat dengan sifat dan tingkah lakunya. Anak kucing masih tergantung pada induknya, oleh karena itu perlu perawatan secara intensif hingga dewasa. Namun, karakternya bisa dibentuk sesuai lingkungan dan keinginan pemeliharanya.
Kucing dewasa sering mencoba sesuatu dengan instingnya sehingga karakternya sulit diubah. Selain itu masa-masa kritis sudah terlewati sehingga tidak sesulit memelihara kitten.
3. Jenis Kelamin
Tentu saja pemilihannya tergantung tujuan awal membeli kucing. Memilih kucing betina, pemilik harus siap dengan kemungkinan sering kawin sehingga akan memerlukan banyak perawatan dan tempat.
Sebaliknya  jika memilih jenis kelamin jantan, tidak terlalu sulit dikontrol pada masa musim kawin. Kucing jantan cenderung akan mencari sendiri betina yang akan dikawini olehnya.
Pemilihan jenis kelamin disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan awal membeli kucing, misalnya untuk memperoleh keturunan.
Sumber : Panduan Lengkap Kucing

No comments:

Post a Comment